Cara Menulis Surat Pengantar yang Membuat Anda Wawancara

Menulis surat pengantar penting bila Anda ingin melakukan wawancara Anda berjalan lancar. Saat melamar pekerjaan baru, perincian penting.

Baca Juga: 6 Musts of A Cover Letter

Resume Anda mungkin secara normal, tetapi itu tentu saja bukan satu-satunya hal yang akan membuat Anda diwawancarai. Apa yang akan membuat Anda diperhatikan dan memberi Anda kesempatan terbaik untuk mendapatkan wawancara adalah surat pengantar yang tepat.

Pengusaha dibanjiri dengan email dan ada sedikit cara untuk membedakan kandidat yang memenuhi syarat dengan cara yang dipersonalisasi selain informasi yang mereka sertakan dalam surat pengantar mereka. Ini satu-satunya kesempatan Anda untuk memberi tahu perekrut mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu. Ini adalah kesempatan pertama Anda untuk membuat mereka kagum dengan keahlian dan pengalaman Anda.

Baca Juga: Pekerjaan Terbaik untuk Introvert dan Ekstrovert

Inilah cara Anda dapat membawa surat pengantar Anda ke tingkat berikutnya:

1. Gunakan pembuka yang kuat

Orang-orang biasanya melamar pekerjaan dengan frasa stok seperti “Saya menulis untuk melamar x pekerjaan yang saya lihat di tempat Anda.” Itu sangat membosankan dan tidak akan menarik perhatian siapa pun. Alih-alih, mulailah surat pengantar dengan fakta spesifik tentang diri Anda yang menurut Anda perlu diketahui.

Misalnya, Anda bisa mengatakan, “Hai, saya seorang guru pemasaran dan copywriting dengan 15 tahun pengalaman menjalankan kampanye strategis untuk bisnis kecil.” Segera, mereka dapat mempelajari sesuatu tentang Anda dan tertarik.

2. Jangan meringkas resume Anda

Jangan buang waktu manajer perekrutan dengan memuntahkan kembali semua info dalam resume Anda – mereka tidak perlu membacanya dua kali. Alih-alih, fokuslah pada nilai dan sifat pribadi Anda, mengapa Anda bersemangat dengan pekerjaan atau pencapaian khusus yang Anda miliki di masa lalu.

Baca Juga: 3 Taktik untuk Mengubah Harga Diri dan Terlihat Berbeda

3. Pamerkan pengetahuan Anda tentang perusahaan

Isi surat harus menyoroti fakta bahwa Anda tidak hanya mencari pekerjaan apa pun, tetapi pekerjaan khusus ini. Anda harus membuktikan bahwa Anda telah melakukan penelitian dan menghargai serta mengagumi apa yang dilakukan perusahaan.

Meneliti platform media sosial mereka, mempelajari lebih lanjut tentang tantangan yang mereka hadapi dan memahami budaya organisasi adalah bagian penting untuk menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap perusahaan dan merupakan kandidat terbaik.

Baca Juga: 3 Tips untuk Membangun Merek Pribadi Anda di Media Sosial

4. Fokus pada nilai yang bisa Anda bawa ke perusahaan

Jangan rendah hati! Manajer mencari seseorang yang akan membuat pekerjaan mereka lebih mudah. Jadi bagaimana, secara khusus, dapat membantu perusahaan mengatasi beberapa kendala yang dihadapinya (melakukan riset)?

Baca Juga: Pekerjaan Kerah Biru yang Membayar 14 Angka

Sebutkan tantangan tertentu dan bicarakan bagaimana pengalaman Anda telah membekali Anda dengan keterampilan yang Anda butuhkan untuk mengatasi masalah ini.

5. Dapatkan nada yang tepat

Anda ingin bercakap-cakap, tetapi Anda juga ingin memastikan bahwa Anda menggunakan nada yang tepat untuk perusahaan tempat Anda melamar. Sebagai contoh, Anda mungkin mengambil nada yang lebih santai, bahasa sehari-hari dengan startup muda dan nada yang lebih serius, profesional dengan perusahaan yang lebih besar.

Jangan gunakan bahasa gaul dan pastikan tata bahasa dan ejaan Anda tepat, tetapi cobalah untuk membuat bahasa Anda hangat dan menarik.

6. Gunakan beberapa angka

Anda pasti ingin menghindari pernyataan yang tidak jelas dan hiperbola, tetapi Anda akan mencetak poin tambahan jika Anda dapat menyertakan beberapa statistik tentang bagaimana Anda telah memengaruhi perusahaan atau asosiasi yang pernah bekerja dengan Anda di masa lalu.

Baca Juga: Mendaratkan Pekerjaan yang Anda Inginkan dengan Kursus Surat Pengantar yang Dipimpin Pakar Ini

Pengusaha senang melihat efek nyata karyawan baru terhadap perusahaan mereka. Itu juga menunjukkan kepada mereka bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan dan mereka tidak akan mengalami kurva belajar yang curam dengan Anda.

Surat pengantar terbaik adalah orang-orang yang menunjukkan kepedulian Anda kepada manajer perekrutan. Jadilah berkesan dan jelaskan apa yang membuat Anda unik dan Anda akan mendapat skor dalam waktu singkat.

Itulah Cara Menulis Surat Pengantar yang Membuat Anda Wawancara. Selain itu Anda juga dapat mengisi waktu luang Anda dengan bermain judi online dengan mudah.

Close