3 Taktik untuk Mengubah Harga Diri dan Terlihat Berbeda

Ingin mengubah harga diri? Selalu ada banyak desas-desus tentang personal branding, dan banyak fokusnya adalah pada konsistensi. Apple sebagai desain, Walmart sebagai harga rendah, Fedex sebagai pengiriman yang dapat diandalkan.

Baca Juga: Cara Menulis Surat Pengantar yang Membuat Anda Wawancara

Orang-orang yang telah berhasil mencap diri mereka juga dikenal karena sesuatu yang spesifik. Martha Stewart untuk rumah tangga, Oprah Winfrey untuk keaslian. Meskipun benar bahwa konsistensi membantu branding, kenyataannya adalah bahwa individu (dan perusahaan) lebih rumit daripada satu tag line atau kampanye, dan kadang-kadang Anda ingin dikenal karena hal lain.

Anda sudah memiliki banyak pengejaran dalam hidup sehingga Anda sudah memiliki lebih dari satu merek pribadi. Anda mungkin seorang manajer pemasaran, seorang istri dan orang tua atau pelari maraton. Anda akan mengenal orang yang berbeda di setiap bidang dan mereka akan mencap Anda berdasarkan apa yang mereka ketahui di bidang itu.

Bahkan jika Anda tidak secara sadar merek sebagai seorang ibu, orang tua dari teman sekelas anak Anda mungkin menganggap Anda seperti ini. Di sisi lain, grup lari Anda bahkan mungkin tidak tahu Anda seorang ibu. Berapa kali kita bertemu seseorang dalam konteks kasual dan terkejut ketika kita mengetahui apa yang mereka lakukan untuk hidup (atau sebaliknya)!

Baca Juga: 6 Musts of A Cover Letter

Berikut adalah tiga taktik untuk mencampur merek Anda atau merekulang sama sekali:

1. Fokus pada area yang menempatkan Anda dalam cahaya terbaik

Saya melatih seorang ibu yang tinggal di rumah yang tidak berpikir calon majikan akan menghargai kontribusinya karena kesenjangan panjang dalam pekerjaan tradisional. Tetapi dia juga memimpin beberapa program komunitas dan merupakan penggalang dana yang memecahkan rekor.

Saya menjamin bahwa orang-orang dalam programnya melihat tanda dolar sebelum mereka melihat keterampilan ibunya. Namun dia selalu mencap dirinya sebagai kembali ke dunia kerja (merek ibu) alih-alih berfokus pada cara-cara yang tidak pernah dia tinggalkan (merek pemimpin program).

Baca Juga: Pekerjaan Terbaik untuk Introvert dan Ekstrovert

Ketika dia akhirnya memposisikan dirinya untuk memimpin dengan prestasinya, dia mendapati dirinya dalam permintaan dari beberapa perusahaan untuk penjualan dan peran pengembangan bisnis.

2. Fokus pada ke mana Anda ingin pergi, bukan pada apa yang telah Anda lakukan

Seorang eksekutif jasa keuangan yang berpengalaman tertarik untuk meninggalkan pekerjaan nirlaba di kepemimpinan perempuan. Dia menjadi sukarelawan dalam beberapa program kepemimpinan perempuan dan sudah dianggap baik di ruang itu. Namun bio profesionalnya tidak banyak menyebutkan hal ini dan malah berfokus pada daftar panjang penghargaan terkait jasa keuangan.

Baca Juga: 3 Tips untuk Membangun Merek Pribadi Anda di Media Sosial

Sementara rekam jejaknya di bidang jasa keuangan mengesankan dan lebih lama dalam durasi aktual, rekam jejak barunya dalam kasus-kasus perempuan juga sama besar. Jika dia ingin mulai dilihat sebagai pemimpin di ruang kepemimpinan perempuan, dia perlu memfokuskan ceritanya di sana, terlepas dari apakah ada lebih banyak waktu yang dihabiskan di bidang lain.

3. Perluas jaringan Anda untuk memperluas merek Anda

Terkadang orang-orang yang sudah lama mengenal Anda mengalami kesulitan melihat Anda dengan cara baru. Sehingga mereka tidak dapat melihat Anda dalam nirlaba. Ini bisa dimengerti. Anda berubah, dan ternyata tidak. Dapatkan teman baru!

Baca Juga: Pekerjaan Kerah Biru yang Membayar 14 Angka

Benar, Anda tidak harus meninggalkan yang lama, tetapi jika Anda serius untuk mengubah citra diri Anda dengan cara tertentu, perluas jaringan Anda ke orang-orang baru yang tidak pernah tahu yang lama dan Anda tidak perlu diyakinkan.

Anda tidak hanya memiliki satu merek. Ini berkembang seiring waktu. Ini berbeda dari hari ke hari dalam arti bahwa kita semua memiliki kehidupan multidimensi. Gunakan ini untuk keuntungan Anda. Pilih secara proaktif apa dan bagaimana merek Anda.

Baca Juga: Mendaratkan Pekerjaan yang Anda Inginkan dengan Kursus Surat Pengantar yang Dipimpin Pakar Ini

Caroline Ceniza-Levine adalah pelatih karir dan bisnis dengan SixFigureStart. Dia telah bekerja dengan para eksekutif dari Amazon, American Express, Condé Nast, Gilt, Goldman Sachs, Google, McKinsey dan perusahaan terkemuka lainnya. Buku terbarunya adalah Jump Ship: 10 Langkah Untuk Memulai Karier Baru (Forbes Media, 2015). Dia juga menulis kolom saran mingguan di Forbes (di mana posting ini awalnya muncul).

Baca:

Close